Setiap Tempat Punya Cerita [Romi A. Sinaga]

Judul: Toge, Bukan Tauge!

(Cerita Missunderstanding di Jalan Letda Sudjono, Medan) 

Toge Panyabungan
Lokasi: Jalan Letda Sudjono, Medan


Cerita ini tentang TOGE, bukan TAUGE atau KECAMBAH.

Sebagai anak kosan, Sabtu dan Minggu memang jadi hari yang paling nyantai. Tapi persepsi ini bakal luntur, setelah kita memasuki kamar mandi, yang berisi ember-ember dipenuhi pakaian kotor. Rencana nyantai berubah jadi bantai (ngebantai baju kotor).

Sabtu siang, habis nyuci kalo nggak ngampus, ya, baca ini-itu di kosan atau nulis. Tapi, kali ini  karena cucian membludak, rasanya capek banget. So, aku putusin deh untuk jelajah kuliner, nggak jauh-jauh kok, di sekitaran kosan doang, daerah Jalan Letda Sudjono, Medan.

Karena dari tadi pagi aku belum makan, (itung-itung penghematan, maklum penyakit anak kos, setiap akhir bulan kanker (kantong kering) kambuh), jadi aku berjanji sama perutku sendiri, si perut harus diisi sampe buncit. Targetnya di tempat aku biasanya makan siang, soalnya di tempat ini bisa prasmanan (bisa ngambil segalanya dengan tarif murah). Ternyata menu Sabtu siang kali ini banyak, tapi ada satu yang beda SOTO MEDAN.

Ketimbang soto-soto yang berasal dari seantero negeri, aku paling suka Soto Medan. Kuahnya kental memakai santan, berbumbu kekuning-kuningan, sensasi tauge yang renyah, plus perasan jeruk nipis yang aduhai, slurpppp… beneran gurih dan seger.

Unfortunately, sudah ngambil banyak soto yang dicampur nasi, eh rasanya kurang garam. Sebagai seorang ahli makanan, (hasseeekkk) aku protes sama mbak Ani, soalnya nggak asyik banget kan makan masakan tanpa garam, itu seperti dangdut tanpa goyang (hahhaha… sambil ngebayangin Inul). Untungnya, mbak Ani ngasih garam dan kecap ke soto medanku biar nggak hambar lagi.

Kamu tahu? Sebagai anak kosan, kalau liburan itu jujur ya, perut suka laper. Sejam kemudian, karena hari begitu terik dan perut sudah keroncongan lagi. Aku putuskan dengan pertimbangan matang-matang untuk mengeluarkan uang lagi (padahal sudah ngutang nih!) untuk membeli minuman seger.

Masih di sekitaran Jl. Letda Sudjono, Medan. Aku punya referensi tempat yang jual cendol enak banget, di depan Gang Setia tuh tempatnya. Cendolnya besar-besar, tiga kali lipat dari es dawet yang pernah kuminum.

Toge Panyabungan yang Aku Pikirin Awalnya
Aku sering melihat orang beli kolak dingin di warung bu Aminah, tapi kalo aku yang mesan selalu nggak ada, malah di tawarin toge (bukan cuma sekali doang!). Masa’ TOGE? Nyebelin banget kan, mesan minuman kok dikasih toge. Emang sih di sini terkenal TOGE PANYABUNGAN, aku ngebayangin Toge Panyabungan itu adalah makanan yang berkomposisi sayuran tapi didominasi toge, terus disiram kuah khas gitu deh.

Tapi aku nggak nyerah gitu aja, kali aja bu Aminah yang bermuka seram itu bosen becandain aku lagi.

Aku        : Bu pensan Kolak Dingin satu, dibungkus!
Bu Aminah : Nggak ada kolak, yang ada toge.
Aku        : Aduh bu, aku dah makan cuma pengin minum yang seger-seger doang.
Bu Aminah : Yaudah minum toge.
Aku       : Masa’ toge diminuum bu1 IBU JANGAN BECANDA LAH (mulai emosi). SETIAP ORANG BELI KOLDING TERUSNYA ADA, KALO AKU BELI NGGAK PERNAH ADA. Padahal masih banyaknya cendolnya, pulutnya, kuah santannya, esnya juga masih ada.
Bu Aminah: WUAHAHAHAHAHA… Itu lah dia TOGE!
Aku     : Yaudahlah bu, biar ibu senang aku beli toge ibu itu. (masih belum ngerti).

Bu Aminah menuangkan cendol yang gede-gede berwarna hijau pupus, sebuah lupis ketan, ketan hitam, tape ketan putih, candil-candil mungil, gula aren yang super-duper kental, plus santan yang dicampur daun pandan dan sedikit garam, byurrr… es juga dicampur. Itu dia kolding yang aku maksud.

Aku         : Koldingnya berapa bu?
Bu Aminah  : Ini Toge Panyabungan bukan kolding. Memang mirip nak, tapi beda.
Aku        : HAH??? Jadi selama ini,,,, (dasar  bloon! Ternyata Toge Panyabungan seperti Kolding. Selama ini aku salah.)

Aku pulang. Hanya ngeluarin kocek Rp. 8000 doang, yeah! Toge bukan kolding akan kusantap di kosan.

Wuahhhh… rasanya segerrr banget, sumpah! Candilnya cetarrrr, cendolnya membaha, lupis, tape ketan dan ketan hitamnya berbadai menggoyang lidah, apalagi kuahnya mmm… santan guri wangi pandan plus gula aren yang pasti asli… seperti Tsunami brrrrr… perpaduan yang CETAR MEMBAHANA BADAI TSUNAMI. #LEBAY#

Pokoke, TOGE itu beda dengan TAUGE atau KECAMBAH ya! Toge Panyabungan itu warisan kuliner Sumatera Utara yang uenak banget. Kamu mau coba? Cuma di Jalan Letda Sudjono, Medan tempatnya.    

Komentar

  1. hehehehe.. aku taunya toga itu juga tauge alias kecambah.. :D

    BalasHapus
  2. iya mbak dee an. ke medan yuk! ntar aku teraktir minum Toge.

    BalasHapus
  3. bkn cuma d letda sujono aja rom, di jl. karya jg ada, tp klo lg bulan puasa aja.. hehe..

    BalasHapus
  4. Thanks infonya Azwar. Follow blog ini ya!

    BalasHapus
  5. waduh jauh amat yah ama kota saya di Samarinda, n' Toge yg saya tau itu toge sayuran, kalo toge yg lain sih toge ituloh... hehehe 3:-)
    #Plakkkk

    btw Nice story K" Romi :)

    BalasHapus
  6. makasih silvester. wuah, kapan2 berkunjung ke Medan ya!

    BalasHapus
  7. ceritanya bagus,fun, seru.. pengen sekali-kali minum toge itu, tpi dsini ngga ada sih... adanya toge kecambah..

    BalasHapus
  8. thanks mbak yanti. ke medan jg dong mbak.

    BalasHapus
  9. xixixi.. ngapain? ngga punya kluarga/ tmen d medan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Sukses Pecinta Buku (Biografi Prof. Dr. Nur Ahmad Fadhil Lubis, M.A.)

BELAJAR ISLAM DI NEGERI NONMUSLIM (Biografi Prof. Dr. Nawir Yuslem, M.A.)

BERJUANG DEMI ILMU (Biografi Prof. Dr. H. Ramli Abdul Wahid, M.A.).